Cara Mudah Mengontrol Stok Barang Di Minimarket

Bisnis minimarket kini sedang merebak di kalangan masyarakat. Banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi membuat pebisnis berlomba-lomba membangun minimarket untuk menyediakannya. Pemilihan lokasi yang strategis menjadi kunci agar bisnis minimarket berjalan dengan lancar. Selain itu, kelengkapan fasilitas minimarket seperti meja kasir, rak gondola, spanduk, dan semacamnya tak luput dari perhatian pemilik bisnis minimarket. Jika fasilitas tidak terpenuhi, maka dikhawatirkan pembeli enggan datang kembali ke toko tersebut. Bahkan kebersihannya pun harus dijaga agar pembeli tetap nyaman selama berbelanja di toko.

Selama menjalankan bisnis minimarket, sering terdengar cerita barang yang sering hilang. Hal tersebut biasanya terjadi ketika minimarket sedang ramai sehingga tidak semua pegawai mampu mengawasinya. Penggunaan kamera pengawas pun dirasa percuma karena pencuri semakin kreatif untuk mengelabui penjaga maupun pemilik bisnis¬¬. Banyaknya barang yang berada di minimarket membuat pemilik bisnis harus memiliki cara mengontrol stok barang. Berikut ini adalah cara mengontrol stok yang biasa dilakukan oleh pemilik bisnis:

– Mengontrol barang yang paling mudah hilang
Di antara barang-barang di minimarket, Anda harus hafal barang golongan apa saja yang menurut Anda paling mudah hilang. Biasanya barang yang mudah hilang ini berukuran relatif kecil dan mudah disembunyikan, seperti dimasukkan ke dalam atau baju secara diam-diam. Memafaatkan kelengahan pegawai toko atau kondisi toko yang sedang ramai. Bahkan barang tersebut mungkin bisa lolos dari pantauan kamera pengawas.

– Mengontrol barang yang mahal
Biasanya barang yang mahal adalah barang yang mudah hilang, apalagi jika barang tersebut berukulan kecil sehingga mudah untuk disembunyikan di tas maupun di dalam baju. Anda harus mempunyai strategi atau berjaga-jaga agar tidak kehilangan barang mahal tersebut. Barang mahal merupakan faktor penentu kelangsungan usaha Anda. Jika terlanjur kehilangan benda tersebut, maka Anda harus meningkatkan pengawasan agar tidak mengalami kejadian yang sama.

– Mengontrol barang laku
Untuk mengontrol stok yang laku terjual, Anda harus mengeceknya setiap hari untuk mengetahui apakah ada barang yang hilang atau tidak. Anda dapat menyamakan perhitungan dengan catatan stok yang tersedia di toko. Ini adalah cara yang jitu sebab Anda bisa mengetahui apakah ada barang yang hilang atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *